Tuesday, December 14, 2010

Green Open Space - Unterbrezbach






Housing for Eldery

Proyek ini adalah sebuah proyek desain ruang terbuka hijau private (private garden) seluas 3321 m2 dari sebuah kawasan yang pada awalnya dimiliki oleh sebuah perusahaan pertambangan yang berada di daerah Unterbrezbach. Pada saat ini, sebagian bangunan dimanfaatkan sebagai bangunan untuk para lansia yang dilengkapi dengan sebuah rumah sakit kecil. Sebuah bangunan yang cukup besar, dimanfaatkan sebagai bangunan peristira­hatan untuk musim panas bagi perusahaan.

Ruang terbuka hijau ini dimanfaatkan sebagai:

1. Area peristirahatan bagi para lansia, yang digunakan pada pagi dan sore hari

2. Acara yang diadakan di kebun untuk aktifitas pertemuan yang diadakan oleh perusahaan tambang tersebut.

3. Untuk public, yang dapat terdiri dari orang dewasa, remaja dan anak-anak.

Konsep Design

1. Taman dibuka untuk public dengan memberikan akses dari jalan

2. Akses pedestrian menghubungkan jalan di luar kawasan dengan jalan di dalam kawasan, membentuk diagonal yang menjadi poros baru bagi kawasan. Garis diagonal mengambil tegak lurus dengan bangunan eksisiting

3. Analisa pengguna dilakukan untuk mewadahi jenis kegiatan yang akan diwadahi di ruang terbuka tersebut.

4. Pada akhir dari open space diletakkan sand box untuk tempat bermain anak-anak

5. Bench dengan latar belakang tanaman perdu tinggi, diletakkan pada beberapa bagian tempat sebagai tempat untuk beristirahat & duduk-duduk. Lokasi bench perdu diletakkan sejajar dengan garis sumbu baru

6. Design diutamakan dengan permaianan material untuk ground cover antara rumput dan pasir

Desain yang terakhir diajukan :

Pohon yang sudah tua ditebang untuk membuka view ke arah bangunan dimana terdapat area duduk (fasilitas tempat duduk memanfaatkan tempat duduk yang ada)

Area children playground ditempatkan di ujung utara area yang dapat diakses langsung dari luar maupun dari rumah sakit. Area ini merupakan area yang didesain dengan lebih detail. Permainan yang akan disediakan disesuaikan dengan daftar dari perusahaan yang menyediakan peralatan atau permainan yang tersedia secara massal.

Area belakang bangunan (club house) diperluas ke arah taman dengan hanya mengganti material (dengan pertimbangan biaya) dan beberapa pojok untuk tempat makanan disediakan dengan juga hanya dibedakan dari material permukaannya.

Biaya menjadi pertimbangan yang utama, sehingga perubahan desain terjadi secara signifikan tanpa perlu melakukan perombakan atau melakukan pekerjaan konstruksi berat.



No comments: